rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Kamis, 11 November 2010

Arsitektur dan Service pada Telematika

Arsitektur pada telematika :
1. Server Side
Sebuah server Web khusus yang menyediakan layanan untuk sebuah client. Bisa berupa informasi dan data yang dinginkan oleh client. Dan dalam server sering dikenal sebuah istilah yaitu tier, tier di dalam server digunakan untuk menjelaskan pembagian sebuah aplikasi yang melalui client dan server.

2. Client Side
Merupakan satu aplikasi komputer yang ada pada satu komputer pengguna  dan terhubung ke satu server. Client bersifat menerima apa yang dikirimkan oleh sebuah server.

Jadi arsitektur client server merupakan suatu pembagian tugas antara penyedia layanan (server) dengan penerima layanan (client) , client server biasanya digunakan melalui sebuah jaringan komputer dengan hardware yang terpisah. Oleh karena itu sering sekali kita saat meminta sebuah layanan dikirimkan melalui komputer terkadang lama, karena servernya harus mengkonfirmasi terlebih dahulu. 

Service pada telematika

Ada 3 macam service pada telematika, yaitu :
1. Layanan Informasi
Layanan Informasi adalah suatu penggabungan telekomunikasi digital dengan teknologi komputer yang mempunyai peran penting dalam komunikasi. Agar informasi tidak tercampur-campur sehingga perlu adanya layanan informasi.
Contoh layanan informasi :
• Emergency rescue with 911
• Car location tracing (thief-proof)

2. Layanan Keamanan
Layanan Keamanan adalah suatu bentuk layanan yang menyediakan keamanan informasi dan data yang ada. Layanan keamanan bisa berupa penentuan akses kontrol, penggunaan protokol dan enkripsi.
Contoh layanan keamanan :
• Navigation assistant (real-time traffic information)
• Weather, stock information
• Entertainment and M-Commerce

3. Layanan Context Aware & Event Base
Layanan Context Aware & Event Base adalah suatu layanan yang mengacu terhadap kemampuan dari layanan suatu jaringan yang digunakan untuk mengetahui penggunaan jaringan tersebut.
Contoh layanan context aware & event base :
• Vehicle Diagnostic Service
• Car Insurance based on driving statistic
AGUNG SANTOSO
(10107080)

0 komentar: