rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Rabu, 19 Januari 2011

Sejarah Telematika

Sejarah Telematika

Zaman dahulu, sekarang dan di masa depan.

Di dalam perkembangan telematika telah banyak terjadi beberapa perkembangan dan mengalami beberpa periode yang ada di dalam telematika :

Periode yang pertama (Zaman Dahulu) yaitu berlangsung diakhir tahun 1970 sampai akhir tahun 1980. Perkembangan telematika di Indonesia pada tahun 1970 itu cukup terbatas dengan kurangnya perhatian dari pemerintah dan pada tahun itu kurangnya listrik yang ada di Indonesia.Oleh karena itu di Indonesia perkembangan telematika terbilang cukup lambat. Begitu pun pada tahun 1980, penggunaan teknologi di Indonesia masih sangat terbatas untuk digunakan. Pada tahun 1980 di Indonesia baru mengenal adanya email, karena baru dirintis pada tahun 1980. Dan di tahun ini pun kita masih sangat jarang mendengar bahasa-bahasa yang digunakan dalam telematika. Di Indonesia tahun 1983, TVRI (Televisi Republik Indonesia) menyiarkan teleconference yang di jadwalkan hampir satu bulan sekali antara Presiden Soeharto yang pada saat itu berada di Jakarta melakukan teleconference dengan para petani yang berada diluar Jakarta. Sejak periode inilah masyarakat Indonesia mulai belajar menggunakn telematika.

Periode yang kedua (Sekarang) yaitu berlangsung pada tahun 1990. Pada tahun ini teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat Indonesia sudah mulai mengenal apa itu telematika. Pada saat itu, jaringan radio amatir pada tahun 1990 sudah mulai ramai berkembang. Selain itu, pad tahun 1990 milis pun sudah mulai diperkenalkan dan dikembangkan di Indonesia. Milis sekarang sudah banyak digunakan pada masyarakat, karena banyak sekali manfaat jika menggunakan milis. Dengan masuknya internet pada tahun 1994 di Indonesia, milis merupakan yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Dan pada tahun 1994 juga mulai beroperasinya ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia yaitu INDOnet.

Dengan berkembangnya telematika di Indonesia selama beberapa tahun setelah itu, terlihat dampak yang sangat berarti bagi Indonesia seperti mendorong usaha dagang di dalam masyarakat dan mendorong kesadaran politik di Indonesia. Dan karena itu lah mulai bermunculan televisi swasta seperti SCTV (Surya Citra Televisi) dan RCTI (Rajawali Citra Televisi).

Semakin lama teknologi telematika semakin berkembang dengan adanya komputer, internet, pager, HP yang mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Pada saat itu juga muncul pelayanan komunikasi yang sering kita pakai seperti WARTEL (Warung Telephone) yang dulu sangat banyak sekali digunakan oleh masyarakat dan jika dilihat sekarang munculnya rental komputer dan WARNET (Warung Internet) untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat yang menginginkan informasi yang cepat.

Selanjutnya periode yang terakhir (Masa Datang), periode ini merupakan awal munculnya dunia digital dimana masyarakat luas sudah mulai diperkenalkan dan siap untuk menggunakan kemajuan teknoligi dari telematika. Dengan tersedianya berbagai macam kebutuhan teknologi yang dapat dengan mudah didapat oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi dan kebutuhan yang diinginkannya.

Pada tahun 2000 Indonesia mengeluarkan Kepres dan Inpres tentang telematika seperti ini :

Keputusan Presiden No. 50 Tahun 2000 tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI) dan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2001 tentang Pendayagunaan Telematika.

Hal tersebut terkait dengan pengaturan dan pelaksanaan mengenai semua bidang usaha yang bergerak di dalam telematika yang diatur oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika yang berada dan bertanggung jawab kepada Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Dan pada perkembangannya, telematika sekarang akan mengacu kepada istilah automobile systems yang menggabungkan Global Positioning System (GPS) dan komunikasi nirkabel lainnya untuk mengetahui lokasi jalan atau mengetahui suatu tempat dengan mudah dan cepat.

Sekarang ini sudah banyak produsen mobil-mobil yang menggunakan teknologi telematika untuk melengkapi mobil buatannya dengan layanan yang berbasis nirkabel yang dapat dikendalikan oleh perintah suara. Telematika semacam itu dapat memungkinkan pengguna kendaraan bermotor untuk melakukan berbagai fungsi nirkabel seperti mengakses Internet, mendownload audio menerima atau mengirim email, dan video digital file.

Jadi, kemudahan yang diberikan oleh teknologi telematika di zaman sekarang atau masa depan akan mampu meningkatkan kinerja usaha, memperbaiki kualitas produk, dan menghemat biaya. Masyarakat juga mendapat manfaat yang banyak dari teknologi telematika untuk meningkatkan kualitas hidup.

Agung Santoso

(10107080)

0 komentar: