rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Jumat, 14 Mei 2010

Lensa kontak dapat berbahaya

Penggunaan lensa kontak memang menjadi alternatif bagi para pengguna kacamata yang memiliki alergi terhadap frame kacamata. Selain itu, penggunaan lensa kontak yang umumnya didominasi kaum perempuan juga dinilai dapat menambah keindahan mata bagi penggunanya.

Namun, saya pernah membaca satu hasil penelitian di internet tentang lensa kontak jika lensa kontak ternyata dapat menyebabkan kebutaan. Pengguna lensa kontak yang tidak memperhatikan kebersihan lensa kontak menyebabkan lensa kontak dapat menjadi surga bagi protozoa penyebab kebutaan, Acanthamoeba.

Apa itu acanthamoeba? Acanthamoeba merupakan salah satu protozoa yang dapat menyebabkan kebutaan mata. Protozoa Patologis itu tidak dapat dimatikan dengan cara pembersihan lensa kontak normal.

Acanthamoeba pada umumnya ditemukan di tanah, air dan wilayah yang lembab. Beberapa spesies jenis Acanthamoeba mengonsumsi bakteri dan dapat menyebabkan infeksi bagi manusia. Infeksi Acanthamoeba biasa disebut dengan amoebic keratitis yang menyerang mata manusia. Berdasarkan penelitian, sekira 85 persen amoebic keratitis menyerang para pengguna lensa kontak.

Pengguna lensa kontak yang tidak melepas lensa pada saat berenang di air yang mengandung chlorinated atau proses pembersihan dengan cara merendam di air lebih berisiko terkontaminasi Acanthamoeba.

Ketika pengguna lensa kontak merendam lensa di dalam air lensa akan terkontaminasi dengan acanthamoeba. Secara tidak langsung lama kelamaan protozoa itu akan kontak langsung dengan mata. Kondisi itu akan semakin berbahaya karena Acanthamoeba tidak dapat dibunuh hanya dengan proses pembersihan normal. Dan yang tertulis pada penelitian itu Acanthamoeba dapat dibunuh hanya dengan cairan antibiotic ciprofloxacin dan cairan antiseptic chlorhexidine dengan konsentrasi yang tinggi. cairan pembersih chlorhexidine lensa kontak yang ada saat ini belum memiliki konsentrasi yang cukup tinggi.

Jadi sebaiknya berhati-hati bagi para pengguna lensa kontak,karena bisa menyebabkan mata kita menjadi kebutaan akiba dari kurangnya kebersihan lensa dari Acanthamoeba tadi.

0 komentar: